Posted on

Sejarah Singkat Imperial Navy

Imperial_navy

Imperial Navy adalah salah satu Angkatan bersenjata yang di miliki oleh Imperium of Man. Sementara Astra Militarium (Pengawal Kekasisaran) bertanggung jawab atas pasukan darat dari Imperium, Imperial Navy bertanggung jawab atas armada kapal perang luar angkasa yang menjaga ketertiban antar bintang-bintang dan planet-planet di Imperium. Untuk semua bantuan ruang angkasa dan udara untuk infanteri Astra Militarum melalui cabang Aeronautica Imperialis, dan mengangkut para pengawal melintasi galaksi ke dalam zona perang Imperium yang tidak terhitung jumlahnya. Serta melibatkan ancaman baik di dalam maupun di luar perbatasan Imperium.

Pada zaman kuno, selama era Great Crusade dan erea Horus Heresy, Imperial Navy bukanlah keluatan bersenjata yang berdiri sendiri tetapi masih dianggap sebagai bagian dari Imperial Army yang lebih besar. Selama masa ini Imperial Navy lebih dikenal sebagai Imperial Armada. Kapal kapalnya digunakan untuk pertahanan area Imperial dan rute Warp yang strategis.

Imperial_ship

Bertentangan dengan armada kapal perang yang ditugaskan untuk melayani Legiones Astartes, armada yang melayaninya digunakan untuk menyerang planet yang diduduki dalam jumlah besar selama Great Crusade. Setelah kengerian era Horus Heresy, terjadi reformasi kekaisaran yang diawasi langsung oleh Primarch Roboute Guilliman, komponen-komponen Imperial Army dibangun kembali secara terpisah dan bersaing satu sama lain. Hal ini dilakukan untuk melemahkan Angkatan bersenjata kekaisaran agar nantinya saat terjadi pemberontakan terhadap pemerintahan di masa depan pasukan tidak terpusat menjadi satu.

Imperial Navy terbagi menjadi beberapa armada perang dan dibagi dalam jumlah yang tidak terbatas. Armada ini biasanya memiliki tugas untuk menjaga sektor-sektor tertentu yang dinamai sedemikian rupa berdasar sektor yang dijaga. Misalnya, Battlefleet Gothic akan ditugaskan melindungi Sektor Gothic. Jumlah total kapal yang mereka miliki secara astronomis di Port Maw saja hampir berjumlah 300 triliun.

Setiap armada biasanya berisi tiga jenis kapal yang berbeda, terdiri atas kapal perang, kapal penjelajah dan kapal pengawalan. Meskipun dalam beberapa laporan ada yang mengatakan beberapa armada memiliki jenis yang lebih kuat seperti Dreadnoughts berukuran planet, War Bastion, dan Star Forts pada armada cadangan rahasia. Dan juga armada yang sudah terkenal seperti Battlefleet Terra atau armada pemusnahan.

Battleships adalah kapal berukuran besar dengan banyak senjata dan perisai, biasanya menjadi pusat komando bagi para Laksamana dari sebuah armada. Meskipun memppunyai kekuatan perang yang sangat kuat, kapal ini lamban dan berat. Kapal ini menjadi jantung dari setiap Armada Tempur Kekaisaran.

Daya tembak utama hanya sebagai pelengkap untuk kapal kapal penjelajah. Meskipun tidak sekuat kapal perang, kapal ini dapat begerak dengan cepat dan dapat melakukan serangan yang baik dalam sebuah tim.Ada beberapa jenis kapal penjelajah yang berbeda tergantung dari tujuan khusus yang dimiliki. Seperti untuk penghancuran target yang berlapis baja, kapal ini biasanya akan memiliki Fighters Bay yang besar di sepanjang sisinya.

Kemudian ada kapal pengawal yang merupakan jenis kapal terkecil di armada Imperial Navy. Kapal ini biasanya terlihat bepergian dalam skuadron kecil berisi 3 – 6 kapal. Skuadron yang lebih besar jarang terlihat. Tugas utama kapal ini adalah untuk menyerang dengan cepat pada titik tertentu sehingga kapal-kapal kecil yang melindungi bagian tertentu dari kapal utama musuh dapat dimusnahkan, ataupun hanya untuk menambah daya tembak.